Kamis, 01 Oktober 2020

Organisasi Sistem Komputer (Fungsi dari Sistem Komputer/ Fungsi Komponen Dalam Komputer, Fungsi dari Sebuah Komputer, Sejarah Komputer)

Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Kali ini saya akan membahas tentang Organisasi Sistem Komputer (Fungsi dari Sistem Komputer/ Fungsi Komponen Dalam Komputer, Fungsi dari Sebuah Komputer, Sejarah Komputer)

DEFINISI KOMPONEN KOMPUTER

Komponen Komputer adalah suatu perangkat keras atau hardware yang berisikan Motherboard,RAM,Processor,Hdd,VGA, dan juga PSU.

 

A.Casing

Sumber : https://shopee.co.id/CASING-CPU-KOMPUTER-SPC-LENGKAP-PSU-450-watt-case-murah-i.17209726.1168529654.

Casing adalah suatu komponen yang berguna untuk menyimpan dan melindungi komponen komponen lainnya. Biasanya casing terbuat dari plastic,besi dll. Casing ini biasanya memiliki lubang airflow yang letaknya dikanan, dikiri dan juga di depan.

B.Motherboard/Mainboard

sumber : https://www.amazon.in/ASUS-EX-A320M-Gaming-AMD-Motherboard/dp/B0771L77V7

Motherboard ialah tempat bebagai komponen elektronik yang saling terhubung pada sebuah PC. Selain itu, motherboard pun memiliki chip bios atau program penggerak, jalur serta konektor untuk menghubungkan masing-masing perangkat. Motherboard sendiri banya ditemui pada PC. Fungsi utama dari motherboard sendiri sebagai pusat penghubung antara satu perangkat dengan perangkat lainnya. Motherboard jga digunakan untuk menyimpan komponen komponen seperti ram, sound card, vga card, processor, psu, dan komponen lainnya.

 

C. Processor

sumber :https://www.indiamart.com/proddetail/intel-core-i7-processor-17762688673.html

Processor adalah suatu komponen yang sangat ini, disebut sebagai sangat inti karena processor sebagai otaknya computer. Processor memiliki kecepatan yang berbeda beda, semakin cepat processor tersebut semakin mahal harganya. Isi dari processor ini ada 3, yang pertama adalah CU(control unit) yang berfungsi untuk mengatur segala keseluruhan processor tersebut, yang kedua ALU(Arismatic Logical Unit) yang berperan untuk mengoperasikan aritmatika, lalu yang terakhir ada RU(Register Unit) yang berfungsi untuk menyimpan data sementara.

D.Fan cooler dan Liquid cooler

Sumber : https://www.gearbest.com/cpu-cooler/pp_3008066310419767.html

Fan cooler processor adalah komponen computer yang berfungsi untuk mendinginkan komponen processor.

Sumber : https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fes.thermaltake.com%2Ffloe-rc360-cpu-memory-aio-liquidcooler.html&psig

Liquid cooler adalah komponen pendingin untuk processor dan juga vga card, biasanya digunakan oleh computer med-end/ high-end karena processor yang digunakan tidak menggunakan lagi processor yang rendah speed corenya. Dengan menggunakan ini akan membuat suhu lebih cepat turun.

E.RAM

Sumber:https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Ftechterms.com

Pengertian RAM (Random Access Memory) adalah suatu hardware di dalam komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) dan berbagai instruksi program. Fungsi dari RAM adalah membaca data dan sebagai tempat penyimpanan sementara.

F.Hardisk (HDD)/Solite state drive(SSD)


Sumber : https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.stariz.pk%2Fproduct%2F500-gb-laptop-hard-disk-drive%2F&psig

Hardisk adalah sebuah hardware yang biasa digunakan untuk menyimpan data di sebuah computer atau disebut jga alat penyimpanan data.

Solid state drive adalah perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi. Perbedaan Hardisk (HDD) bergerak secara mekanik untuk mangambil dan menyimpan data atau Informasi, sedangkan SSD bergerak secara elektrik untuk menyimpan dan mengambil data atau informasi. Tentu SSD bekerja lebih cepat dibandingkan dengan HDD.

G.ROM

ROM(Read Only Memory) merupakan sebuah memori penyimpanan yang bersifat permanen. Definisi ROM lainnya yaitu sebuah memori chip semikonduktor yang hanya dapat dibaca saja (Read Only). ROM tertanam di dalam motherboard. Fugsi rom sebagai tempat untuk menyimpan firmware, untuk distribusi software komersial dan sebagai media penyimpanan dengan keamanan tinggi.

H.VGA (Video Grapic Adapter)


Sumber : http://www.jagatreview.com/2017/06/parade-vga-nvidia-geforce-gt-1030/

Video Grapic Adapter (VGA) adalah suatu komponen penting pada computer. Komponen ini berfungsi untuk mengolah data grafis yang dapat meningkatkan performa processor kita.

I.Sound Card


Sumber : https://shopee.co.id/PCIe-Sound-Card-5.1-PCI-Express-Surround-3D-Audio-Card-for-PC-with-High-Direct-Sound-Performance--i.110873283.1817222106

Sound Card adalah suatu komponen pada computer yang berfungsi untuk mengolah audio pada computer kita, serta dapat mengontrol sesuatu audio pada computer lain.

J.Power Supply


Sumber : https://www.amazon.com/CORSAIR-SF600-Modular-Supply-Certified/dp/B01CGI5M24

Power Supply (PSU) adalah salah satu hardware di dalam perangkat komputer yang berperan untuk memberikan suplai daya. Biasanya komponen power supplay ini bisa ditemukan pada chasing komputer dan berbentuk persegi. Fungsi dari power supply adalah memberikan daya arus listrik ke berbagai komponen atau hardware terdapat di dalam chasing komputer.

FUNGSI SEBUAH KOMPUTER

1. Data Input (Data Entry)

Fungsi komputer yang pertama adalah input. Fungsi ini yaitu menerima data atau informasi dari sumber luar. Data yang diterima melalui aktivitas di keyboard, mouse dari komputer lain atau peralatan lainnya.

Contohnya: Keyboard to screen, mouse to screen, speaker.

2. Data Processing (Pengolahan Data)

Fungsi komputer yang paling utama adalah melakukan pemrosesan. Berbagai macam data dan informasi adalah data yang diproses oleh komputer. Data yang diproses akan menghasilkan output yaitu berupa informasi.

Contohnya seperti teks, gambar, audio, video, grafik, dan lainnya.

Pengolahan data dan informasi adalah fungsi langsung dari komputer. Otak dari komputer di mana data diproses disebut unit pemroses sentral (CPU). Itu adalah sebuah chip yang biasanya berukuran setengah inci dan dimasukkan ke soket motherboard komputer.

3. Data Storage

Fungsi data storage adalah sebagai tempat untuk menyimpan informasi. Penyimpanan yang dilakukan berbeda-beda tergantung bagaimana informasinya akan digunakan. Fungsi komputer ini memudahkan pengguna untuk menemukan data dan akan digunakan kembali. Data tersebut dapat disimpan di dalam memori internal komputer maupun memori eksternal.

Contohnya : Internet downloading, menyimpan berkas dan menyimpan foto.

4. Data Output

Data yang telah diproses dalam komputer, hasilnya akan tersedia untuk digunakan oleh pengguna atau perangkat lainnya dengan berbagai tujuan. Contoh dari data output yaitu sebagai file audio, hard copy ke kertas, dicetak sebagai 3D model dan lain-lain.

Contohnya : Printing a document,monitor mengeluarkan informasi dan projector mengeluarkan video atau gambar.

Sejarah Komputer

Sumber : https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/komputer/pengertian-power-supply.html

1.Komputer Generasi Pertama (1946-1959)

Pada masa ini sedang terjadinya perang dunia ke II, negara negara yang terlibat dalam perang berusaha untuk mengembangkan potensi yang ada pada komputer dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan strategis dan membantu kegiatan peperangan yang dimiliki oleh perangkat komputer
nama nama komputer generasi pertama yaitu :

a.       Colassus     

b.      Mark I 

c.       ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer)

d.      EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)

e.       UNIVAC I (Universal Automatic Computer I)



Sumber: http://www.kecarat.com/2016/09/komputer-generasi-kedua.html

2.Komputer Generasi Kedua (1959-1964)

Pada masa ini Komputer generasi kedua sudah menggunakan transistor sebagai pengganti dari vacuum tube(tabung hampa), dimana transistor didesign lebih kecil daripada vacuum tube sebagai pusat processing unit dan memory nya sudah menggunakan inti magnetic

Contoh Komputer Generasi Kedua yaitu : a. UNIVAC III b. UNIVAC SS80c. UNIVAC SS90


Sumber : https://kotakpintar.com/sejarah-komputer-dan-perkembangannya/
    3.Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

Transistor, banyak mengungguli beberapa hal daripada vacuum tube, namun transistor lebih banyak mengeluarkan panas yang dapat berpotensi merusak bagian bagian internal komputer, kemudian seorang Insinyur di Texas bernama Jack Kilby mengembangkan Sirkuit Terintegrasi (IC) à Integrated Circuit di tahun 1958 inilah yang nantinya bisa menginovasikan komputer komputer di masa mendatang
Contoh Komputer Generasi Ketiga yaitu:
-IBMS/360

Sumber : https://deoaldy1211021031.wordpress.com/2014/04/23/sejarah-perkembangan-komputer-generasi-ketiga-dan-keempat/

4.Komputer Generasi Keempat (1979-Sekarang)

Setelah adanya Integrated Circuit (IC) para Ilmuwan mulai mengembangkan atau menginovasikan Chip dalam bentuk yang ukurannya lebih kecil, yang tadinya berada pada level Large Scale Integration(LSI), kemudian diinovasikan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) di tahun 1980an, kemudian diupgrade lagi menjadi Ultra Large Scale Integration (ULSI) yang setiap upgrade-annya meningkatkan daya kerja, efisiensi, dan keterandalan komputer.

Sumber : http://komangkopling.blogspot.com/2016/07/sejarah-komputer-generasi-ke-5.html

5.Komputer Generasi Kelima (Sekarang-Masa Depan)

Komputer ini memang belum ada, tetapi di masa mendatang, komputer ini akan di design menggunakan AI (Artificial Inteligence / Kecerdasan Buatan), yang akan lebih kompleks, bisa menyelesaikan banyak masalah dalam waktu yang bersamaan dan juga mempunyai memori yang besar

 

Tulisan ini dikhusukan untuk tugas pertama saya di mata kuliah Organisasi Sistem Komputer.

Wassalamu'alaikum Salam Warahmatullahi wabarakatu


Referensi:

 https://www.indoworx.com/komponen-komponen-cpu-komputer/

https://www.liputan6.com/tekno/read/3876812/fungsi-komputer-secara-umum-serta-manfaatnya-anak-it-wajib-tahu-nih#:~:text=Fungsi%20komputer%20yang%20paling%20utama,video%2C%20grafik%2C%20dan%20lainnya.

https://www.romadecade.org/sejarah-komputer/#!


1 komentar:

Makalah SLDC Dan CIA Triad (Pengantar Web Science)

Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh   Postingan ini ditunjukan untuk tugas mata kuliah Pengantar Web Science yang dibimbing oleh...